Ingat, Pakai Lampu Silau akan Ditilang

Tidak mau kalah dengan Jakarta, jajaran Lantas Polrestabes Surabaya juga akan menggiatkan operasi kendaraan yang menggunakan lampu diluar standar, yaitu lampu putih yang mengganggu pengguna jalan lain.

AKBP Made Agus Prasatya Kasatlantas Polrestabes Surabaya menerangkan, pihaknya akan melakukan berbagai penertiban kendaraan utamanya tentang rambu.

"Dalam minggu-minggu ini kami akan fokus pada pelanggaran rambu. Soal lampu putih yang menyilaukan itu termasuk dalam operasi penertiban kami. Semua kendaraan yang tidak mematuhi ketentuan akan kami tilang sesuai aturan yang ada," kata Kasatlantas Polrestabes Surabaya pada suarasurabaya.net.

Polisi tidak hanya akan menilang pelanggar rambu, dan pengguna lampu putih menyilaukan tapi juga penertipan nomer-nomer cantik yang sekarang semakin menjamur.



Soal kesiapan anggota, AKBP Made Agus menegaskan anggotanya siap mendeteksi pelanggaran. "Anggota sudah faham mana lampu yang standar dan mana yang tidak. Kan ada perbedaan antara kendaraan satu dan lainnya. Sorot ketajaman lampu juga berbeda. Anggota pasti bisa membedakan termasuk yang dari pabrikan berwarna putih, tingkat sorotnya beda," terangnya.

Penggunaan Lampu putih yang menyilaukan cukup sering dilakukan pemilik kendaraan, baik karena alasan gaya maupun alasan lampu yang dikeluarkan dari pabrik kurang terang.

Penggunakaan lampu kendaraan sendiri sudah diatur dalam pasal 285 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pasal tersebut memberi ancaman sanksi berupa kurungan atau denda bagi pengendara motor maupun mobil yang lampu utamanya tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan.

Dalam situs resmi TMC Polda Metro Jaya dijelaskan mobil atau sepeda motor yang memakai lampu depan maupun belakang warna putih terang harus diganti, karena bisa memicu kecelakaan lalu lintas.

Jika tidak, pihak kepolisian akan menindak dengan memberikan surat tilang dengan denda maksimal Rp. 500.000 atau kurungan 2 bulan.

sumber : http://m.suarasurabaya.net/kelanakota/detail.php?id=fvjq7cbcprbei4fhhs926akqc62015149759


Tidak ada komentar